Processor Masa Depan Intel

>> Rabu, 07 Januari 2009

Processor Masa Depan

Para peneliti Intel sedang mencari cara untuk menyederhanakan fungsionalitas multi-core untuk mempermudah para pembuat komputer maupun developer perangkat lunak untuk beradaptasi dengan penggunaan mereka, kata Jerry Bautista, direktur dari "Tera-scale Computing Research Program."

Menurut Bautista, chip multi-core masa depan Intel kemungkinan besar akan menggunakan baik prosesor x86 maupun prosesor jenis lainnya seperti yang berada di sebagian besar chip serber maupun PC hari ini. Sebagai contoh, sebuah chip 64 core mungkin terdiri dari 42 prosesor x86, 18 akselerator dan empat buah core embedded graphics.

Beberapa laboratorium seperti ClearSpeed Technology, Azul Systems dan Riken telah menciptakan chip dengan jumlah core yang banyak. ClearSpeed memiliki sebuah chip dengan 96 core yang hanya mampu memproses instruksi-instruksi tertentu.

Beberapa saat yang lalu, Intel mendemonstrasikan sebuah prototipe 80 core. Walaupun hal ini merupakan terobosan baru di dunia semi konduktor, banyak yang mulai bertanya-tanya apakah desain ini benar-benar praktis dan Intel akan membuat 80 core dengan prosesor x86 (prototipe yang ditunjukkan tidak menggunakan x86) dan apakan chip ini dapat mengoperasikan perangkat lunak dan OS saat ini?

Jawaban Intel adalah ya, mereka sedang mengerjakan hal itu. Sebuah ide dipaparkan bulan ini di sebuah konferensi untuk membungkus semua core yang ada dalam sebuah chip multi-core yang menggunakan beberapa tipe prosesor di dalam sebuah container sehingga semua core ini hanya terlihat seperti sebuah prosesor x86 yang besar.

Intel juga tengah mencari cara yang memungkinkan chip multi-core untuk berbagi cache, memori yang disediakan di prosesor untuk akses data yang cepat. Walaupun dDual/quad core yang berada di pasaran saat ini sudah berbagi cache, "saat anda mencapai 8 atau 16 core, hal ini menjadi sangat rumit," jelas Bautista.

Teknologi baru ini juga akan mampu memprioritaskan operasi-operasi yang ada. Tanda-tanda awal menunjukkan bahwa manajemen cache lebih baik dapat meningkatkan kinerja chip sebanyak 10 hingga 20 persen.

Satu lagi isu yang perlu ditangani adalah sistem I/O (input/output) membutuhkan 10 watt untuk mengtransfer data dalam kecepatan 1 terabit per detik. Laboratorium Intel telah mengembangkan sebuah sistem I/O efisien yang dapat mentransfer 5 Gigabit per detik hanya dalam 14 milliwatts atau 14% dari tenaga yang diperlukan sistem 5 Gbps hari ini.

Para eksekutif Intel mengatakan bahwa mereka ingin melihat chip multi-core berjumlah besar untuk keluar dalam 5 tahun walaupun masih banyak tantangan yang harus diselesaikan. Menurut seorang juru bicara Intel, saat ini Intel masih belum memiliki chip multi-core berjumlah besar yang brebasis prosesor x86.

Chip multi-core berjumlah besar dari perusahaan tersebut kemungkinan akan bergantung pada teknologi yang disebut Through Silivon Vias (TSV) yang menghubungkan memori external ke prosesor melalui ribuan kabel kecil menggantikan satu buah kabel besar untuk meningkatkan bandwidth.
Referensi :
http://www.zdnetasia.com/news/hardware/0,39042972,62021390,00.htm


About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP