Definisi IMK

>> Rabu, 07 Januari 2009

Interaksi Manusia dan Komputer

Menurut saya IMK adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari desain, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk digunakan manusia dan mempelajari fenomena yang terjadi di sekitarnya ( antara manusia dan mesin ) atau lebih mudahnya IMK adalah ilmu yang membahas hubungan timbal balik antara manusia – komputer dan fenomena yang menyertainya.

IMK berawal dari MMI ( Man – Machine Interaction / Interaksi Manusia dan Mesin ). Walaupun IMK dan MMI sama – sama menerapkan sistem yang "user friendly", namun sifat user friendly pada MMI hanya dikaitkan dengan aspek-aspek yang berhubungan dengan estetika atau keindahan tampilan pada layar saja. MMI hanya menitikberatkan pada aspek rancangan antarmukanya saja, sedangkan faktor-faktor atau aspek-aspek yang berhubungan dengan pemakai baik secara organisasi atau individu belum diperhatikan.

Lain halnya dengan IMK yang berusaha untuk merancang sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer). Oleh karena itu IMK tidak hanya berfokus pada rancangan antarmuka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan interaksi antara manusia dan komputer.

Referensi :

http://student.eepis-its.edu/~jauari/uts/artikel2.html

2 komentar:

reza.punya.blog 7 Januari 2009 pukul 20.32  

IMK ya?!! bagus sih.buat nambah ilmu.walau w gak yakin ilmu w nambah.

din23 13 Januari 2009 pukul 22.25  

B A G U S

D I N U R

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP